Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Po Box

Dalam pembuatan surat lamaran kerja biasanya dibutuhkan alamat lengkap serta nama perusahaan agar surat lamaran dapat dikirim sampai ke alamat perusahaan. Namun tidak semua perusahaan menyertakan nama dan alamat lengkap. Beberapa perusahaan atau individual memutuskan menggunakan Po Box.

Po Box (Post Office Box) adalah kotak atau lemari surat yang terdapat di Kantor Pos. Biasanya setiap kotak ini memiliki nomor dan kunci masing-masing sehingga tidak satupun orang yang bisa membuka kecuali si penyewa dari kotak pos tersebut. Dengan adanya Po Box, pengiriman surat lamaran dari pelamar kerja bukan dikirimkan ke rumah atau perusahaan namun di masukan ke dalam kotak pos yang disewa tersebut. 

Harga sewa kotak ini tidak mahal biasanya harga sewanya adalah minimal Rp. 10 Ribu perbulan. Di karenakan kantor-kantor pos di Indonesia hanya melayani penyewaan pertahun maka sekali sewa kita perlu mengeluarkan biaya minimal Rp. 120 Ribu untuk penyewaan 1 tahun. Harga sewa ini tergantung juga oleh ukuran kotak yang disewa.

Meningkatnya tindak kejahatan berupa penipuan informasi lowongan kerja, membuat para pelamar ragu untuk memasukkan lamaran di Perusahaan yang hanya menggunakan Po Box. Hal ini bertolak belakang dengan pemikiran perusahaan yang memutuskan untuk menggunakan fasilitas Po Box karena beberapa alasan berikut ini.

1. Bagi perusahaan atau individual yang tidak memiliki alamat tetap tentu dengan memiliki Po Box akan sangat mempermudah proses surat menyurati. Walaupun mereka tidak ada alamat tetap di mana kantor berada namun mereka memiliki alamat tetap untuk penyuratan yaitu Po Box yang ada di Kantor Pos.

2. Meminimalis surat tersasar atau hilang. Po Box tersebut ada di kantor pos sehingga ketika surat sampai di kantor pos, tukang posnya akan langsung disortir dan dimasukan ke dalam kotak kita. Bila tidak Po Box, biasanya surat atau paket yang sudah sampai akan disortir, disimpan dan dibagikan ke tukang pos yang bertanggung jawab pada area dimana surat tersebut ditujukan. Jadi dengan adanya Po Box, proses panjang yang biasa dilalui, diperpendek dengan adanya Po Box sehingga meminimalis surat atau paket hilang. Lagi pula setiap orang di daerah tersebut memiliki Po Box yang berbeda-beda sehigga tidak akan tertukar.

3. Po Box hanya dapat dibuka oleh orang yang memiliki kunci access saja, jadi tidak semua orang bisa membukanya. Biasanya untuk perusahaan, yang memengang kuncinya adalah kepala HRD. Surat yang sudah di dalam kotak Po Box tidak akan diambil sampai orang pemegang kunci yang datang dan mengambilnya sendiri. Pemegang kunci/ Penyewa Po Box dapat mengambil barang/ surat lamaran sesuai jam yang ditentukan olah masing-masing kantor pos. 

4. Kerahasian, biasanya beberapa perusahaan memilih Po Box agar alamat perusahaan rahasia. Hal ini untuk menghindari pelamar yang agresif datang tanpa janji. Atau perusahaan tersebut dalam proses pindahan.


Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Po Box

1. Siapkan berkas yang mau anda kirim dan jangan lupa sertakan alamat pengirim dan tujuan

Contoh si budi ingin melakukan pengiriman lamaran ke Po Box Kantor X maka yang perlu ditulis budi pada amplop surat adalah sebagai berikut :

Kepada :

Manager HRD / HRD Personalia

Po Box : …… (isi dengan nomor Po Box)


Selanjutnya tinggal tuliskan nomor kode pos dan kota di bawahnya. Biasanya pasti diberikan agar surat benar-benar terkirim ke alamat yang tepat.

2. Siapkan juga biaya pengiriman dokumen sekitar Rp. 12.000 - 15.000 tergantung alamat dan kota tujuan atau bisa cek tarif disini
3. Kemudian bawa lamaran ke kantor pos terdekat
4. Hati-hati dijalan.

Demikianlah Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Po Box, semoga artikel ini bermanfaat bagi pelamar kerja yang membutuhkan informasi mengenai Po Box.

Sumber : Heni