Pernahkah anda menemukan perusahaan membuka lowongan kerja dan meminta pelamarnya mengirim surat lamaran melalui email. Email adalah singkatan dari Electronic Mail dan bahasa indonesianya adalah Surat Elektronik. Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan internet.
Kelebihan penggunaan email dalam pengiriman surat, dengan email kita hanya membutuhkan beberapa menit agar surat/ pesan kita sampai tujuan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti mengirim surat/ pesan biasa (pos) dan dengan email isi surat /pesan dapat kita isi dengan konten dokumen, gambar, suara dan vidio.
Proses pengiriman yang mudah dan cepat inilah membuat beberapa perusahaan menggunakan fasilitas email untuk mengirim surat lamaran kepada pihak perusahaan, tanpa harus kesasar atau hilang.
Cara Melamar Kerja Melalui Email
Sebelum mengirim lamaran kerja melalui email yang harus diperhatikan adalah kelengkapan berkas lamaran anda. Anda harus mempersiapkan surat lamaran dan daftar riwayat hidup dalam bentuk dokumen word serta pendukungnya dalam bentuk gambar dan dokumen yang akan dijelaskan berikut ini :
1. Surat Lamaran dan Daftar Riwayat Hidup dalam bentuk dokumen (.doc)
2. Foto Ijazah dan Transkip Nilai / SKHU (bagi SMA/Sederajat) (.Jpg)
3. Foto Terbaru (.Jpg)
4. Surat pendukung lainnya dalam bentuk dokumen (.doc)
5. Foto KTP (.Jpg)
Kemudian, jangan lupa dikompres dalam bentuk format rar atau zip dengan nama anda sertakan posisi jabatan yang anda inginkan agar saat mengirim lamaran melalui email, file anda tidak berserak. Proses kompres file rar atau zip bisa menggunakan aplikasi komputer WinRAR. Minimal ukuran file tidak melebihi 2 MB.
Jika hasil kompres rar ukuran file terlalu besar, kompres foto terlebih dulu menjadi ukuran yang kecil.
Setelah berkas dipersiapkan, saatnya anda belajar cara mengirim surat lamaran melalui email. Berikut ini mengirim lamaran menggunakan email gmail.
Cara Mengirim Surat Lamaran Melalui Email
Cara Mengirim Surat Lamaran Melalui Email
1. Buka Email Gmail atau klik link berikut , kemudian masuk dengan mengisi Email dan Password yang anda daftarkan sebelumnya.
2. Setelah itu Klik Tulis atau Compose, akan muncul halaman pesan baru untuk anda mengirim email. Kemudian isilah pesan baru tersebut dengan format berikut.
Kepada : isilah dengan alamat email perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.
Subjek : isilah dengan kode/ posisi jabatan yang anda lamar, biasanya perusahaan menyediakan subjek email tersendiri.
Isi : isilah dengan lamaran anda atau kosongkan saja.
Lampirkan File : silahkan upload dokumen lamaran dan pendukung lainnya.
Sesudah itu klik tombol Kirim.
Sumber : Internet
Lampirkan File : silahkan upload dokumen lamaran dan pendukung lainnya.
Sesudah itu klik tombol Kirim.
Demikianlah cara melamar kerja melalui email terbaru, tidak ada beda dengan melamar kerja melalui pos atau lainnya yang menjadi perbedaan hanyalah tempat penulisan dan pengiriman lamaran.
Sumber : Internet