Cara Melamar Kerja Melalui Pos Terbaru

Banyak perusahaan menggunakan berbagai cara untuk memfasilitasi pelamarnya dalam mengirimkan berkas lamaran ke perusahaan, salah satunya menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh PT. Pos Indonesia. PT. Pos Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses surat menyurati agar surat lamaran dari pelamar sampai ke tujuan alias alamat perusahaan.

Pengiriman surat lamaran melalui pos hanya sebagai media pengantar surat lamaran anda ke perusahaan, sama halnya anda menggunakan jasa orang atau teman untuk mengantarkan surat lamaran ke perusahaan, bedanya pengiriman melalui pos langsung ke tangan personalia perusahaan atau yang bertanggung jawab atas surat lamaran dari pelamar.



Bagi anda yang ingin melamar kerja melalui pos, jangan dipikirkan bagaimana cara melamar kerja melalui pos akan tetapi isi berkas lamaran kerja anda, apakah sudah lengkap sesuai dengan yang diinginkan pihak perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Isi berkas lamaran biasanya terdiri dari surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, fotocopy ijazah dan transkrip nilai atau SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) bagi SMA/Sederajat, fotocopy surat pendukung lainnya dan pas photo terbaru biasanya ukuran 4x6 atau 3x4 sebanyak 2 lembar serta fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk). Hal ini biasanya telah dicantumkan pada persyaratan lowongan kerja perusahaan tersebut.

Setelah itu, surat lamaran lengkap dimasukkan ke dalam amplop padi yang bisa dibeli pada tempat percetakan fotocopy dan jangan lupa pada amplop diberikan alamat tujuan serta kode posisi jabatan. Kode jabatan biasanya dibuat jika perusahaan minta dibuatkan pada kiri atau kanan atas amplop lamaran.

Kemudian anda harus pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirim surat lamaran anda melalui pos agar surat lamaran yang anda buat sampai ke tujuan. Mudah bukan cara melamar kerja melalui pos, untuk cara mengirim lamaran kerja melalui pos anda bisa baca artikel Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Po Box dan Cara Mengirim Lamaran Kejra Melalui Pos Express

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Pos

1. Siapkan berkas yang mau anda kirim dan jangan lupa sertakan alamat pengirim dan tujuan
2. Siapkan juga biaya sekitar Rp. 12.000 - 15.000 tergantung alamat dan kota tujuan atau bisa cek tarif disini
4. Pilihlah layanan sesuai dengan yang tertera di lowongan kerja
3. Kemudian bawa lamaran ke kantor pos terdekat
4. Hati-hati dijalan.

Tips Melamar Kerja Melalui Pos

Tips pertama, dalam menyusun amplop lamaran kerja, perlu diperhatikan desain bentuk amplop harus yang besar, agar berkas lamaran anda ketika akan dikeluarkan dari amplop tidak terlipat, dan terlihat rapi saat berada di meja personalia perusahaan.

Tips kedua, tulislah dengan jelas nama personalia dan nama perusahaan serta alamat perusahaan lengkap yang posisi letaknya diamplop depan. Ingat jangan lupa tulis nama dan alamat pengirim lengkap dengan nomor handphone anda yang dapat dihubungi.

Tips ketiga, jangan mengganti nomor handphone anda selama proses lamaran, karena perusahaan akan menghubungi anda menggunakan telepon langsung, jarang ada yang menggunakan surat panggilan.

Demikianlah cara melamar kerja dan tips melamar kerja melalui pos yang dapat diberikan. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda.